Thursday, August 29, 2019

REVIEW RUMAH BELAJAR 2

REVIEW RUMAH BELAJAR 2

SERI PENDIDIKAN ORANGTUA 
MELEK MEDIA





Category : Literacy 

Buku ini merupakan buku untuk pegangan orang tua yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan partisipasi pendidikan anak, baik di satuan pendidikan maupun di rumah. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu buku, masyarakat sebagai pengguna buku diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id.


Pengarah   : Sukiman Penanggungjawab  : Palupi Raraswati 
Penyunting Naskah  : Agus M. Solihin, Suradi
Kontributor Naskah  : Adiyati Fathu Roshonah, Fitriani FS, Gita Kartabrata, Maswita Djaja, Sumarti, Tin Herawati Penelaah   : Lilis Hayati, Roland M. Zakaria, Sri Lestari Yuniarti, Ninin Nirawaty Penyunting Bahasa  : Meity Taqdir Qadratillah 
Layout   : Damar Fitriana, Harta Dewa, Intan Nur Fajri, Jodi Rahman, Nur Afni Yustikasari Sekretariat   : Anom Haryo Bimo, Indah Meliana, Maryatun, Nugroho Eko Prasetyo,         Reza Oklavian, Surya Nilasari,  Titien Erwinawati


Diterbitkan oleh:
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
@2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Melek media adalah kemampuan seseorang untuk memahami, memilah dan memilih yang baik dan menerapkan apa yang diserap dari media. Pada buku ini djelaskan bagaimanaa orangtua bisa melek akan media yang ada, mengenal macam-macam media, baik medai cetak maupun media elektronik dan media sosial. 

"Mendampingi anak menjadi salah satu bentuk motivasi ekstrinsik yang dapat meningkatkan prestasi belajar anak demikian quote yang ada pada buku ini. ini menunjukkan bagaiman peran orangtua menjadi sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 

pada buku ini jg dijelaskan mengapa nank -anak harus melek media? Pengaruh medaia pada anak dan juga pengaruh media sosial bagi anak. baik pengaruh baik maupun pengaruh buruknya. seingga perlu pendampingan orangtua agar anak-anak tidak terjerumus pada bahaya negatif media.

pada handout ini juga dijelaskan tips bagaimaan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak-anak dan tips yang harus dihindarkan anak saat berselamcar di dunia maya.

Kelebiahn dari tuisan ini adalah :
1. disajikan dengan poin-poin yang mudah diapahami
2. slide dan gambar yang menarik
3. enak dan mudah dipahami

Kekurangan pada tulisan ini :
Belum begitu lengkap dan terperinci

Saran 
bisa dibuat dalam bentuk buku

No comments:

Post a Comment